Categories
Uncategorized

Dua Danau Indah di Kuantan Singingi

Kuantan Singingi alias Kuansing, kerap pula diucap bagaikan rantau Kuantan. Suatu kabupaten yang memperoleh namanya dari 2 danau yang mengapitnya: Danau Kuantan, serta Danau Singingi.

Kuantan Singingi diketahui bagaikan tuan rumah event tahunan Festival Pacu Jalan yang diselenggarakan di Teluk Kuantan tiap bulan Agustus. Festival ini diselenggarakan bagaikan bagian dari upacara perayaan ulang tahun kemerdekaan di Provinsi Riau.

Bagaikan suatu keriaan tahunan tertua di budaya Melayu( telah diselenggarakan semenjak tahun 1903), Festival Pacu Jalan memanglah jadi kebanggaan kabupaten yang mayoritas penduduknya merupakan perantau Minang itu.

Tetapi, Kuansing bukan cuma soal Pacu Jalan. Masih banyak budaya lain yang dapat dinikmati di kota ini. Mulai dari upacara Bulian, perahu Baganduang kebanggaan tradisi Riau, sampai seni Randal yang ialah turunan dari seni Minangkabau. Seluruhnya berikan corak dalam kehidupan masyarakat Kuantan Singingi.

Wilayah yang mempunyai zona dataran besar serta dataran rendah ini jadi rumah untuk banyak air terjun yang fenomenal. Mulai dari Air Terjun 7 Tingkatan, sampai Air Terjun Guruh Gemurai. Konon, jika dihitung- hitung, terdapat 23 air terjun yang terdapat di areal kabupaten Kuantan Sengingi.

Di kabupaten seluas 235, 04 km2 ini, kita pula dapat memandang banyak sekali masjid yang indah. Dan menikmati makanan- makanan Minang kampung, yang rasanya menggugah selera.

Dicapai dekat 3 jam bermobil dari Pakanbaru, Kuantan Singingi sesuai dijadikan opsi buat melancong di Riau daratan. Walaupun infrastrukturnya belum tergarap optimal, alamnya yang indah serta budayanya yang kaya, memiliki energi pikat yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *