Categories
Uncategorized

Pantai Annora, Si Indah yang Tersembunyi

Pantai Karimunjawa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Jawa Tengah. Selain terkenal dengan wisata gastronomi dan bawah lautnya, Karimunjawa juga terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Banyak turis Indonesia tertarik untuk mengunjungi Karimunjawa setiap tahun.

Banyak pantai yang masih tenang dan murni yang bisa kita jelajahi di Karimunjawa, salah satunya adalah Pantai Annora. Pantai Annora adalah pantai yang sangat menarik, karena sangat terkenal dengan pasir putihnya, lautnya yang tenang dan bukit pasir di tengah laut, walaupun cukup jauh dari pusat kota sehingga kita harus menjelajah sedikit.

Pada 13 April 2019, saya berkesempatan mengunjungi pantai Annora. Setelah berkendara sekitar 30 menit dari pusat, saya akhirnya mencapai area pantai Annora. Jalan bergelombang menuju area pantai membuat perjalanan ini terasa cukup menantang. Kesan pertama yang muncul adalah indah dan tenang, karena terletak cukup dekat dengan hutan, Pantai Annora terasa sangat indah dan alami.

Fasilitas dan akses jalan

Pantai Annora telah dikelola dengan baik oleh penduduk setempat. Jalan setapak, kursi dan air mancur sudah ada di sana dan terawat dengan cukup baik. Mushola dan toilet juga tersedia, meskipun kami diharuskan membayar untuk menggunakan toilet.

Aktivitas yang paling cocok untuk dilakukan di pantai ini adalah berkemah, ya, berkemah! Lingkungan alam yang indah akan membuat Anda sangat nyaman untuk berkemah di pantai Annora. Malam itu penuh bintang-bintang dan angin laut juga terasa enak! Juga, ketika cuaca cerah, kita bisa melihat matahari terbit di sekitar pantai Annora.

Saya membangun tenda dan membuat teras di area tenda yang tepat di pantai. Jika kita ingin berkemah di Pantai Annora, fasilitas dan fasilitas di kawasan pantai masih minim. Jadi, kita harus menyiapkan teknik dan alat berkemah. Padahal, berkemah di pantai adalah kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Tapi, kita juga harus hati-hati saat menentukan lokasi pos berkemah, agar kita bisa tetap aman saat berkemah di pantai.

Nah, jika kita bepergian ke Pantai Annora, ada tiket masuk atau pajak sebesar Rs 5000 per orang (per April 2019). Harga yang cukup murah. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika dompet Anda ramping. Pantai Annora sangat cocok bagi Anda yang bepergian dengan backpacking atau dengan anggaran terbatas!

Dapat dikatakan bahwa mengakses jalan raya ke Pantai Annora cukup sulit, tergantung pada alat transportasi yang Anda pilih, karena jaraknya cukup panjang jika Anda tinggal di pusat kota (alun-alun). Kami membutuhkan sekitar 30-40 menit dengan sepeda motor atau mobil, karena jaraknya sendiri berkisar antara 12-15 km. Sebenarnya, untuk bantuan navigasi Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps, karena sudah jelas dibuat. Tapi, juga baik untuk bertanya kepada penduduk lokal di sekitar lokasi pantai Annora.

Jika kita mulai dari pusat kota, kita akan melalui jalan aspal yang bagus. Namun, ketika kami mendekati area Pantai Annora, yang disebut area Cikmas, kami diminta untuk memasuki jalan kecil sedikit. Jalannya hanya cukup untuk satu mobil, jadi kita harus hati-hati. Lokasi ini awalnya saya sebut sebagai kawasan hutan, di mana pohon-pohon menjadi lebat dan indah.

Nah, apakah Anda tertarik berkunjung? Ayo pergi ke Pantai Annora!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *